Helen's Kitchen copyrights!


Please DO NOT copy paste, edit or use any of Picture from this
website without permission, all picture are Helen's Kitchen copyrights!


Thursday, January 31, 2013

Monday, January 28, 2013

Putu Ayu Ketan Hitam

Kemarin panggang memanggang, sekarang kukus mengukus dech..!

sudah lama aku naksir berat sama kue-kue berbahan dasar ketan hitam, tapi berhubung dulu gk ngerti cara bikinnya soo.. ya udah deh.. selalu gigit jari aja kl pas lagi kepengen. atau bela2in ke kartika sari bandung untuk beli kue ketan hitam kukus. But now.. I can make my own... :)

Hari ini aku buat Kue Putu Ayu dengan Bahan dasar Tepung Ketan Hitam.
Rasanya kenyal, legit dan gurih kelapanya maknyuuss bgt...!

Resepnya juga terbilang mudah skali dibuat. it is really2 worth to try!. here we go..!

setelah dikukus -/+ 10menit, tarraa!! jadi deh..
Putu Ayu Ketan Hitam nan cantik... 
 
sebelum di kukus, adonannya dimasukkan kedalam cetakan.
 

Resep mengikuti  resep dari bunda ricke!

Tuesday, January 22, 2013

Kue Pancong Kelapa



Masih menggunakan cetakan yg sama spt pukis, skrg kita buat Kue Pancong Kelapa. Cemilan ini khasnya org betawi. paling enak dimakan sore2 dikala hujan. hehe :)
Buatnya sangat mudah.


Bahan Utama:
250 grm Tepung Beras
Kelapa Parut secukupnya
1sdt garam
650ml Santan dari 1 kelapa.
150ml santan kental
1sdt vanili

Cara Membuatnya:
- Rebus terlebih dahulu santan encer sampai matang, sisihkan.
- campur tepung beras, vanili, garam dan kelapa parut. aduk rata.
- masukkan santan encer yg sdh direbus campur dgn campuran tepung.
- tambahkan santan kental.
- panaskan cetakan kue, kasih minyak goreng sdkt permukaannya spy tdk lengket.
- isi penuh cetakan. panggang dgn api sedang sampai kulit berwarna kecoklatan.
- siap dihidangkan bersama teh manis hangat atau kopi :)


Resep Modified by:

Helen Nathalya

Monday, January 21, 2013

Sweet Hainanese Chicken Rice (Nasi Ayam Hainam)



Repost old recipe:

Menu yang satu ini, menu oriental yang aku suka banget, dari kebanyakan resep yg ada, aku modif sedikit sesuai dengan seleraku.

Bahan Utama:
½ ekor ayam boiler
1 sosis lapciong. Potong kecil.
Beras 2 mangkok
Daun Bawang seledri
3siung bwg putih & 2 siung bwg merah, cincang halus
3cm Jahe
3 batang Daun Bawang Seledri
2sdm minyak wijen,
Kecap asin
Angciu
Wijen Butiran

Bahan Saus:
1 gelas kecil air kaldu tawar
saus tiram, secukupnya.
1 sdt gula pasir

Cara Membuat Saus:
1. Masak semua bahan saus dengan api kecil, sampai mengental. Sisih kan.

Cara Membuat kaldu ayam:
1. Tumis ayam terlebih dahulu dengan menggunakan mentega, tiriskan lalu rebus selama krg lbh 30menit. Rebus bersama daun bawang seledry, jahe yg sdh dipekrek, kecap asin, dan angsciu.

Cara Membuat Nasi Hainan:
1. Tumis daun bawang seledry, Bwg putih & bwg merah yg sdh dicincang halus dgn menggunakan minyak wijen.
2. Masukkan Wijen butiran, 2sdt kecap asin dan angciu, sosis lapciong, lalu terakhir masukkan beras yg sudah di tiriskan. Aduk smp rata.
3. Masukkan adonan beras tadi ke magic jar, rendam dengan air kaldu smp sebatas krg dr 1 ruas jari, dan masak smp matang.

Siap dihidangkan, bersama dengan Ketimun Jepang atau salada air dan Saus kental.


Resep original by :
Helen Nathalya

Kue Pukis Coklat/Keju


Awalnya suka beli di abang2 pasar. cemilan yg satu ini, smua org juga pasti suka.
setelah tanya2 gimana bikinnya. aku coba sendiri resepnya sie abang pukis langgananku..

ternyata enak dan gampang bikinnya... jadi ketagihan! :)


Bahan Resep Kue Pukis :
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 3 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 200 ml santan
  • 100 ml air
  • garam secukupnya
  • 3 sdm margarin, untuk olesan
  • 3 sdm meises
  • 50 gram keju

Cara Membuat Kue Pukis:
  1. Ayak tepung terigu, lalu campur dengan ragi instan, aduk rata.
  2. Kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang.
  3. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit.
  4. Tambahkan santan, aduk hingga rata.
  5. Diamkan adonan selama 30 menit.
  6. Panaskan cetakan kue pukis, olesi dengan margarin.
  7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue pukis hingga tiga perempatnya.
  8. Setelah bagian tepi membeku, taburkan meses atau keju. Biarkan hingga matang. 
  9. Angkat dan sajikan dalam keadaan hangat
Resep modified by:
Helen Nathalya

Mie Ayam Kriting Special


 
 
Open Order for Mie Ayam Kriting Special.
GTA only.
 
 

Sunday, January 20, 2013

Bubur sumsum Idola !



Ini niee.. idolanya cemilanku... Bubur sumsum...!

bikinnya gampang. rasanya maknyuuss...

Bahan Utama:
  • ½ sendok teh garam dapur
  • 3 lembar daun pandan, disobek-sobek dan dibuat simpul
  • 100 gram tepung beras
  • 600 ml santan
  • 2 lembar daun pandan, dibuat simpul
  • Bahan utk sirup gula merah
  • 100 ml air
  • 200 gram gula merah, iris halus

  • Cara Membuat Bubur Sumsum:
    Pertama-tama, kita membuat sirup gula merah: Campurlah seluruh bahan untuk membuat sirup, rebus hingga mengental kemudian saring. Sisihkan.
    1. Campur sebagian santan dengan garam dan tepung beras.
    2. Didihkan sisa santan dengan lembaran daun pandan dengan menggunaka api sedang, aduk-aduk. Tuang campuran tepung yang dibuat sebelumnya, aduk hingga matang dan mengental.
    3. Sajikan di wadah atau mangkuk bersama dengan siraman sirup gula merah.
    Resep original by:
    Helen Nathalya





    Bacang Beras (Pork/Chicken)



    Makanan yg satu ini selalu aku suka, gk pernah bosan2 untuk memakannya.
    specially di hari libur. awalnya aku kira bikin bakcang susah bgt. tapi ternyata gk sesusah yg dibayangkan... hanya butuh kesabaran sedikit. Yummy!

    Bahan2 utama:
    Ayam cincang atau dgg babi cancang.
    beras
    garam
    gula
    kecap
    bumbu penyedap
    ebi kering
    daun bamboo
    bawang merah + bawang putih

    Cara membuatnya:
    - haluskan bawang merah+putih dan ebi. tumis sampai Wangi.
    - masukkan daging giling, tambahkan bumbu penyedap, kecap, garam, gula secukupnya. masak sampai matang dan kecoklatan. masak sampai kering. lalu sisihkan.
    - tumis bawang merah+putih sedikit, lalu campurkan kedalam beras, oseng2 sebentar lalu masak beras tsb buat seperti nasi aron.
    - bungkus nasi yg sudah menjadi nasi aron, dengan daun bamboo yg sebelumnya sudah di lmbutkan dengan cara direbus dgn air cuka.
    - bungkus dengan cara daun bambunya dibuat sperti cone (kerucut) lalu isi tengah dari nasi tsb dgn dgg cincang yg sudah dimasak. tutup kmbali daun bamboo dgn kerucut yg sama atasnya.
    (agak susah juga sie jelasin bagaimana cara membungkusnya. tapi utk lbh jelasnya mgkn bisa dilihat di website2 lainnya)
    - lalu ikat masing2 bakcang dengan tali. rebus selama -/+ 1-2jam.
    - setelah matang. dinginkan sebentar. agar nasi menjadi agak keras.
    - siap disantap....

    Resep dimodified by:

    Helen.